LOGO
HEADLINE: Pemerintah Desa Pedalaman akan segera menyalurkan BLT DD tahap 3 yang di jadwalkan pada akhir bulan Juli 2020 Pemerintah Desa Pedalaman akan segera menyalurkan BLT Dana Desa setalah daftar penerima disahkan oleh kecamatan

Perangkat Amanah Kampung Betuah

Kondisi Umum Desa Pedalaman Kecamatan Tayan Hilir yang disajikan merupakan hasil penyelesaran data desa yang bersumber dari data sekunder antara lain Potensi Desa, Profil Desa, Data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sanggau serta Data dari Badan Pusat Statistik Tahun 2019. Kondisi umum Desa ini bersifat dinamis sehingga perlu dilakukan koreksi, up date secara periodic dan hal ini akan dilakukan setiap Tahun bersamaan dengan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPD) melalui pola partisipatif dalam kegiatan Pengkajian Keadaan Desa.

Luas Desa Pedalaman ± 6700 Ha yang terdiri dari sekitar 70% lahan kering. Selain pemanfaatan untuk pemukiman, lahan di Desa Pedalaman juga memiliki potensi untuk perkebunan, pertanian, dan pertambangan. Adapun untuk lahan yang memiliki potensi pertambangan yang saat ini di exploitasi sekitar 30 % dari luas wilayah Desa Pedalaman.

Aktivitas pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat sebagian besar mengandalkan sektor perdagangan, pertanian dan perikanan (nelayan). Selain itu untuk tenaga kerja produktif sebagian kecil bekerja di perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Kecamatan Tayan Hilir khususnya dilingkungan Desa Pedalaman. Pengembangan industry kreatif juga menjadi salah satu aspek yang sedang di galakkan di Desa Pedalaman yang mana saat ini sedang di kelola para kelompok tani dan kelompok nelayan dengan dukungan Pemerintah Desa dan Mitra Desa lainnya.

Desa Pedalaman Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau secara geografis terletak di 6º33΄5″ BT dan terletak di 106º59΄15″ LS. Topografi Desa Pedalaman termasuk dalam kategori Daerah dataran rendah dengan ketinggian ±800 meter dari permukaan laut (DPL). Adapun batas-batas wilayah Desa Pedalaman Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau adalah sebagai berikut:

Utara : Melugai,Cempedak dan Emberas
Timur : Beginjan dan Sebemban
Selatan : Desa Tanjung Bunut dan Balai Belungai
Barat : Desa Kawat dan Desa Pulau Tayan Utara

Jarak Desa Pedalaman ke Ibu Kota Kecamatan Tayan Hilir 2 KM, sedangkan jarak ke Ibu Kota Kabupaten maupun Ibu Kota Propinsi kurang lebih berjarak 100 Km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Desa Pedalaman terdiri dari 5 dusun yang mana tingkat kepadatan penduduknya sekitar 72 jiwa/km2. Penduduk yang berdomisili Desa Pedalaman berdasarkan pendataan Penduduk pada Desember 2019 berjumlah 4824 Jiwa yang terdiri dari 4167 Jiwa yang merupakan warga Desa Pedalaman dan 657 JIwa Penduduk Non Permanen. Sedangkan untuk jumlah penduduk Desa Pedalaman berdasarkan Jenis Kelamin yaitu 2145 Jiwa Laki-laki dan 2022 Jiwa Perempuan.

Berdasarkan data yang ada untuk usia produktif atau angkatan kerja di Desa Pedalaman berjumlah 1402 Jiwa (usia 21-60 Tahun)

Desa Pedalaman memiliki banyak potensi.......................

Artikel Terbaru

IMG
xyz
kyo - 24 Feb 2018
IMG
lagi
kyo - 22 Feb 2018
IMG
Berita Test
admin - 12 Feb 2018

Infografik

Video Pilihan

Agenda

Selengkapnya

Mitra Desa

  • Bhabinkamtibmas
  • Babinsa
  • Pendamping Desa
  • Puskesmas Kp Kawat
  • PT. ANTAM Tbk
  • PT. Indonesia Chemical Alumina (ICA)

Contact dan Sosial Media